Terlihat Mampu Tapi Penerima Bidik Misi, Kenapa
Foto: www.google.com
Banda Aceh - Kamu kuliah di Perguruan Tinggi Negeri yang disekeliling mu atau bahkan dikelas mu terdapat mahasiswa penerima Bidikmisi? Kamu tahu kan apa itu Beasiswa Bidikmisi? Beasiswa Bidikmisi merupakan beasiswa yang ditujukan kepada mahasiswa yang memiliki keterbatasan dalam hal ekonominya untuk melanjutkan pendidikan hingga ke Perguruan Tinggi. Beasiswa ini dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui DIKTI.

Namun apa jadinya jika beasiswa ini diterima oleh mahasiswa-mahasiswa yang mampu secara ekonominya? Mahasiswa-mahasiswa yang dengan penuh gaya baik dari segi Fashion yang dapat kamu lihat melalui caranya berpakaian maupun dari segi materi lainnya seperti alat transportasi, misalnya sering gonta-ganti kendaraan ketika ke kampus, dan jika ditanya dengan mudah mereka menjawab "ini kereta dirumah, enggak ke pake".

Dari penelusuran AcehChannel.com di website resmi Bidikmisi, ada beberapa penyebab kenapa mahasiswa yang terlihat mampu, tetapi merima beasiswa Bidikmisi. Berikut adalah beberapa penyebab dari pertanyaan diatas:

  1. Pemalsuan data yang digunakan pada saat pendaftaran.
  2. Adanya perubahan kondisi ekonomi dibanding pada saat mendaftar dahulu.
  3. Penerima belum diverifikasi kelayakannya secara lengkap oleh Perguruan Tinggi
  4. Hal hal lain seperti favoritisme pihak tertentu.
Melalui websitenya tersebut, pihak panitia penerima Beasiswa Bidikmisi menghimbau kepada masyarakat maupun kita semua sebagai mahasiswa peduli untuk terus memantau agar beasiswa ini jatuh ke tangan yang tepat. Dan apabila mendapati kasus diatas, maka silahkan melaporkannya melalui email yang dikirim ke bidikmisi@dikti.go.id dengan menyertakan indetitas pelapor. 

"Dengan melapor, anda sudah berpartisipasi dalam ketepatan sasaran program ini", begitu tulis panitia dalam website resminya.

Post a Comment

Powered by Blogger.