Lulus SNMPTN? Jangan Senang Dulu, Masih Ada Proses Menakutkan Ini...
(Situs Resmi SNMPTN 2015. Foto: www.acehchannel.com)

Cuci Rapor? Siap-siap di Depak.

Banda Aceh - Tidak terasa, pasca dua bulan setelah dibukanya pendaftaran mahasiswa baru melalui Jalur Masuk SNMPTN akhirnya membuahkan hasil. Pengumuman Kelulusan SNMPTN sudah dapat dilihat dilaman resmi SNMPTN, www.snmptn.ac.id

Kami segenap kru AcehChannel.com mengucapkan selamat kepada kamu yang sudah lulus di Perguruan Tinggi Nengeri (PTN) melalui jalur undangan atau Jalur Masuk SNMPTN tersebut. Buat kamu yang belum lulus, jangan bersedih. Masih ada dua jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri yang akan segera dibuka, yaitu Jalur Masuk SBMPTN dan Jalur Masuk UMB.

Baca Juga:

Tetapi, untuk siswa yang dinyatakan secara resmi lulus melalui jalur SNMPTN jangan bersenang dulu, setidaknya ada tiga proses yang nantinya harus dipenuhi untuk diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihannya.

Dari penelusuran AcehChannel.com melalui laman resmi snmptn, setidaknya ada tiga proses setelah yang dilakukan pasca pengumuman SNMPT (Baca: Empat proses untuk mahasiswa Bidikmisi -Red) antara lain:

Status penerimaan Peserta SNMPTN sebagai mahasiswa di PTN tujuan, akan ditentukan berdasarkan verifikasi data akademik (rapor dan portofolio asli) yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat Peserta SNMPTN diterima.

Jelas bukan? Nantinya nilai rapor sangat menentukan kelulusan kamu sebagai mahasiswa di PTN yang kamu pilih. Tentunya setelah nilai rapornya diverifikasi. Apabila dijumpai kesalahan, misalnya nilai rapor yang di "Dongkrak" oleh para guru-mu disekolah, siap-siap dicabut (Baca: didepak -Red) status kelulusanmu melalui jalur SNMPTN.

Kehadiran pada saat registrasi (daftar ulang) pada tanggal 9 Juni 2015 akan menentukan proses verifikasi dan status penerimaan Peserta SNMPTN sebagai mahasiswa PTN.

Pendaftaran ulang tujuannya untuk membuktikan bahwa kamu komitmen terhadap PTN dan Jurusan yang kamu pilih. Apabila calon mahasiswa yang bersangkutan tidak melakukan daftar ulang, maka dinyatakan telah mengundurkan diri dari proses SNMPTN.

Setelah Peserta SNMPTN dinyatakan lolos verifikasi, maka status Peserta SNMPTN ditetapkan diterima sebagai mahasiswa di PTN tujuan tersebut.

Selamat, sampai disini kamu sudah menjadi mahasiswa. Namun tidak demikian untuk mahasiswa Bidikmisi, masih ada satu proses lagi.

Bagi Peserta SNMPTN yang merupakan Peserta Bidikmisi, selain dilakukan verifikasi terhadap data akademik, PTN tujuan akan melakukan juga verifikasi data ekonomi dan/atau kunjungan ke alamat tinggal Peserta SNMPTN untuk menetapkan status penerimaan Peserta SNMPTN sebagai mahasiswa.

Hati-hati, status Bidikmisi kamu mempengaruhi status kamu sebagai mahasiswa. Pemalsuan data saat pendaftaran Beasiswa Bidikmisi dulu bisa mengancam (Baca: Jika ketahuan -Red) status kamu sebagai mahasiswa. Tahun 2014, panitia penerima Beasiswa Bidikmisi memberi waktu sampai tanggal 31 Agustus untuk mengundurkan diri, jika yang bersangkutan tidak pantas mendapatkannya.

Post a Comment

Powered by Blogger.